Cara mengatur Icon aplikasi di dock MacBook pada layar desktop

Cara mengatur icon aplikasi di dock macbook, menyembunyikan dock di macbook, menambah aplikasi di dock macbook, mengatur letak dock di kanan, di  kiri,, di bawah

Saat kalian membuka Macbook maka akan muncul tampilan icon aplikasi yang biasanya tersusun secara default dibagian bawah desktop atau layar Macbook yang di sebut dengan Dock, jika di laptop Windows OS disebut dengan Taskbar.

Macbook adalah salah satu perangkat laptop yang di kembangkan oleh perusahaan Apple Inc dengan menggunakan software mac OS.

Fungsi Dock di Macbook

Fungsi dock di Macbook adalah untuk mengetahui aplikasi yang sedang digunakan atau dibuka sehingga saat kalian akan menutup laptop dengan Shutdown akan diketahui aplikasi yang masih dibuka di laptop.

Dengan menutup terlebih dahulu aplikasi yang masih terbuka atau di gunakan di Macbook maka kalian tetap aman saat melakukan shutdown.

Baca Juga : 

Cara Mengatur Dock di Macbook

Jika ingin merubah tampilan dock di Macbook maka kalian dapat melakukan pengaturan dock dengan mengganti ukuran icon aplikasi di dock macbook, mengatur letak dock pada layar desktop dan menyembunyikan icon aplikasi di dock secara otomatis.

Cara Merubah Ukuran Icon Aplikasi di Dock Macbook

1. Klik kiri dengan mouse atau ketuk pada touchpad di logo Apple pada sidebar di pojok kanan atas desktop Macbook selanjutnya Pilih System Preference dan Pilih Dock.

2. Tampil menu pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

Cara mengatur icon aplikasi di dock macbook, menyembunyikan dock di macbook, menambah aplikasi di dock macbook, mengatur letak dock di kanan, di  kiri,, di bawah

3. Geser pada Size (keterangan gambar pada huruf A) untuk memperbesar dan memperkecil ukuran icon aplikasi di dock.

Geser ke kanan untuk memperbesar icon aplikasi di dock dan geser ke kiri untuk memperkecil ukuran icon aplikasi.

Cara Mengatur Letak Dock di Macbook

Letak posisi dock di Macbook bisa kalian atur dengan merubah pengaturannya yaitu pilih Position on screen (keterangan gambar pada huruf C) ,

Pilih Left, untuk merubah posisi dock di sebelah kiri pada layar desktop di Macbook yang tersusun vertikal.

Pilih Botton, untuk merubah posisi dock di bagian bawah pada layar desktop di Macbook yang tersusun horizontal.

Pilih Right, untuk merubah posisi dock di sebelah kiri pada layar desktop di Macbook yang tersusun vertikal.

Selain itu kalian juga dapat mengatur besar kecilnya icon aplikasi saat kursor diarahkan ke dock sehingga tampilan ikon aplikasi membesar.

Caranya dengan beri tanda checklist di pengaturan Magnification (tanda pada huruf B) dan kalian bisa atur perbesarannya saat kursor di arahkan pada bagian dock.

Tampilan icon aplikasi di dock akan tampak membesar seperti gambar di bawah ini.

Cara mengatur icon aplikasi di dock macbook, menyembunyikan dock di macbook, menambah aplikasi di dock macbook, mengatur letak dock di kanan, di  kiri,, di bawah

Cara Menyembunyikan Dock di Macbook

Tampilan dock di Macbook dapat di atur dengan cara menyembunyikannya saat layar desktop aktif sehingga tampilan layar desktop akan lebih terasa leluasa.

Pengaturan otomastis tampilan dock dengan cara mengaktifkan check list pada Auotomatically hide and show the dock (keterangan gambar pada huruf B) dan dock akan tersembunyi dari layar desktop Macbook dan jika kursor diarahkan pada bagian dock maka dock akan kembali muncul pada layar desktop Macbook kalian.

Cara Mengetahui Aplikasi Sedang Digunakan di Dock

Untuk mengetahui aplikasi yang aktif atau sedang di gunakan pada bagian dock ditandai dengan adanya titik dibawah aplikasi yang menunjukan bahwa aplikasi tersebut aktif atau sedang digunakan.

Aktifkan checklist Show indicators for open applications (keterangan gambar pada huruf E) agar aplikasi yang aktif dapat diketahui dengan tanda titik di bawah aplikasi yang sedang aktif, jika di Windows 10 berupa tanda garis di bawah aplikasi yang sedang aktif atau digunakan pada taskbar.

Jika kalain ingin menambahkan aplikasi di Dock untuk mempermudah pintasan maka dapat dilakukan dengan cara yang mudah berikut ini

Cara Menambahkan Aplikasi Pada Dock Macbook

1. Klik pada Icon Launchpad di dock dan terbuka Aplikasi yang telah di unduh pada Macbook kalian.

2. Klik dan drag aplikasi yang akan ditambahkan dengan cara klik kiri pada mouse dan tahan.

3. Kemudian arahkan aplikasi tersebut ke dock dan letakan pada posisi yang diinginkan.

4. Cara menambahkan aplikasi dengan drag and drop menggunakan touchpad macbook dengan cara tekan dan tahan pada stouchpad kemudian arahkan atau seret menggunakan jari lainnya ke arah dock.

Cara Menghilangkan / Menghapus Aplikasi di Dock Mac

1. Arahkan kursor pada ikon aplikasi di dock sampai muncul nama aplikasi yang akan di hilangkan pada dock.

2. Selanjutnya klik kanan pada mouse kemudian pilih Options lalu pilih Remove from dock.

Fungsi sebuah dock di Macbook yang sangat penting untuk mengontrol aplikasi yang sedang dibuka atau digunakan serta mempermudah akses ke sebauh aplikasi di Macbook akan lebih mempermudah pekerjaan kalian saat menggunakannya.