Cara Autorecover / Mengembalikan File Excel Yang Belum Tersimpan

Cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan, cara mengembalikan file excel yang hilang belum di save, cara autosave dan autorecover memulihkan file excel hilang belum disimpan

Milsmilo Blog - Inilah cara autosave atau auturecover di Excel yaitu bagaimana cara mengembalikan file Excel yang belum tersimpan, lupa belum dsimpan atau dii save menggunakan Autosave dan Autorecover Excel.

Workbook atau sheet Excel yang belum tersimpan dapat terjadi karena kalian lupa Save file atau salah klik tombol Don’t save setelah mengalami perubahan data.

Cara Autorecover File Excel Belum di Save / Terhapus

Salah klik saat menutup file setelah membuat perubahan data ketika menggunakan Excel dengan memilih Don’t save atau tidak menyimpan sheet pada perubahan yang telah dilakukan adalah hal yang dapat terjadi juga pada saya dan kalian.

Terjadinya crash, Excel hang atau macet, mati listrik atau baterai habis menyebabkan file Excel belum tersimpan, sementara kalian telah mengerjakan begitu banyak data dengan menggunakan rumus Excel, membuat grafik sehingga file excel hilang belum di save.

Begitu juga saat kalian telah menghapus data pada sheet, atau secara tidak sengaja sheet excel terhapus, atau saat file excel tertimpa save.

Meskipun demikian untungnya Excel memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memulihkan atau mengembalikan file belum disimpan atau lupa di save menggunakan Autosave dan Autorecover.

AutoSave dan AutoRecover Excel

Fitur Autosave dan Autorecover Excel dapat digunakan untuk melakukan autosave atau menyimpan otomatis sheet atau data, serta autorecover untuk memulihkan atau mengembalikan sheet yang berisi data.

AutoSave Excel

AutoSave Excel adalah fitur otomatis Excel yang berfungsi untuk menyimpan data pada sheet yang baru kalian buat tetapi belum disimpan atau kalian lupa menyimpannya.

Autosave sangat membantu kalian agar tidak kehilangan data pada sheet Excel jika terjadi error di laptop atau komputer saat listrik padam atau baterai laptop habis.

AutoRecover Excel

AutoRecover Excel digunakan untuk mengembalikan sheet atau data file yang belum disimpan setelah menutup atau terjadi crash, laptop atau komputer berhenti secara tidak sengaja.

Fungsi Autorecover Excel digunakan untuk memulihkan atau mengembalikan file Excel yang belum di simpan pada versi terakhir data yang disimpan yang ditampilkan pada recover atau pemulihan dokumen saat membuka Excel di kembali.

Autorecover berfungsi jika kalian telah menyimpan worksheet atau data minimal satu kali.

Jika kalian tidak menyimpan data atau dokumen pada sheet sebelum laptop atau komputer berhenti maka pemulihan atau recovery data tidak muncul atau tidak dapat dilakukan.

Cara agar dapat mengembalikan file yang tidak atau belum diisimpan adalah menggunakan Autosave dan kalian dapat melihat dan mengaktifkan autosave Excel atau autorecover pada pengaturan file di Excel.

Inilah cara memulihkan dan mengembalikan file atau sheet di Excel dengan dengan mengaktifkan Autosave / Autorecover Excel.

Cara Mengaktifkan Autosave / Autorecover Excel

1. Pilih pada tab File.

2. Guril ke bawah kemudian pilih Options.

3. Selanjutnya pilh Save dan terbuka pengaturan Save Workbooks

4. Centang atau aktifkan Save AutoRecover information every x minutes.

Cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan, cara mengembalikan file excel yang hilang belum di save, cara autosave dan autorecover memulihkan file excel hilang belum disimpan

5. Centang atau aktifkan Keep the last AutoRecovered version if clouse without saving.

6. Selanjutnya pilih OK.

Cara Mengatur Autosave / Autorecover Excel

Secara default AutoRecover Excel akan menyimpan otomatis ke workbook setiap 10 menit.

Disini kalian dapat mengatur autosave /autiorecover dengan memperpendek waktu simpan pada perubahan maka sheet akan tersimpan lebih cepat, namun kalian juga dapat memperpanjang waktu autorecover.

Selain itu kalian juga dapat mengatur tempat penyimpanan sheet yang akan dipulihkan atau dikembalikan atau mengaturnya secara default.

Setelah mengaktifkan pemulihan otomatis atau autorecover maka inilah cara mengembalikan file Excel yang belum di save atau terlannjur mengklik tombol Don’t save kemudian menutup Excel.

Cara Mengembalikan File Excel Yang Belum Tersimpan

1. Buka Microsoft Excel, disini saya menggunakan Excel 2019 atau sesuaikan dengan Excel kalian.

2. Pilih Open > pilih Recent.

Cara mengembalikan file excel yang belum tersimpan, cara mengembalikan file excel yang hilang belum di save, cara autosave dan autorecover memulihkan file excel hilang belum disimpan

3. Pada Workbook lihat dibagian bawah dan pilih Recover Unsaved Workbooks.

4. Selanjutnya akan terbuka jendela Open Excel, lalu pilih Folder dan nama file yang akan di recover atau dipulihkan.

5. Selanjutnya pilih Open.

6. Maka akan terbuka sheet atau file terakhir yang tidak di simpan atau terhapus yang telah dikembalikan atau di pulihkan.

7. Selanjutnya simpan file yang telah dikembalikan dengan cara Save atau Save as.

Langkah selanjutnya adalah cara mengembalikan data pada sheet yang telah disimpan.

Setelah kalian membuat perubahan file atau data pada sheet kemudian kalian menyimpannya.

Bagaimana caranya.jika kalian ingin mngembalikan data pada sheet sebelumnya yang telah disimpan sebelumnya.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengmbalikan sheet yang telah di timpa atau di save pada perubahan data yang tersimpan dengan cara berikut ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terlanjur di Save / Tertimpa Save

1. Buka sheet yang telah disimpan.

2. Pilih tab File kemudian pilih Info.

3. Pilih Manage Versions, dan dibawahnya akan muncul versi excel sebelumnya.

4. Pilih versi yang yang ingin dikembalikan.

5. Selanjutnya akan terbuka Open file sebelum disimpan atau file recover Excel yang dapat kalian lihat pada nama file dibagian atas.

6. Lalu pilih Recover atau Save pada notifikasi berupa garis lurus di tampilan Excel.

7. Selanjutnya akan terbuka data sheet pada versi file recover yang kalian pilih tadi.

8. Setelah itu simpan file dengan Save atau Save as.

Demikian cara mengembalikan file Excel yang belum tersimpan atau belum di save.

Disini kalian tidak usah bingung saat lupa save Excel dan juga salah klik Don’t save sebelum menutup Excel atau file excel yang tertimpa save atau kalian ingn mengembalikan file Excel yang terhapus sebelumnya menggunakan autosave / autorecover.