Cara Menggunakan Handphone Android Sebagai Webcam Dengan Aplikasi DroidCam

Streaming video conference di masa sekarang ini adalah sering dilakukan untuk aktifitas bekerja dari rumah Work Home atau belajar daring secara online melalui video.

Untuk menunjang berlangsungnya video conference menggunakan Zoom meeting di perlukan kualitas gambar yang cukup bagus.

Meskipun sebagian laptop sudah dilengkapi dengan kamera tetapi terkadang gambar yang dihasilkan terkadang kurang memadai sehingga diperlukan webcam untuk mendukungnya.

Harga webcam yang cukup mahal memerlukan budget untuk membelinya. Meskipun demikian sekarang ada cara mudah yang dapat kalian lakukan yaitu menggunakan kamera HP Android sebagai webcam.

Kamera handphone sekarang resolusinya sudah baik sehingga sangat memadai digunakan sebagai webcam. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi android webcam yang bernama DroidCam yang dapat di download di Play Store.

Droid Camp dapat digunakan dengan menggunakan jaringan WiFi atau di hubungkan melaluii kabel USB.

Cara menggunakan aplikasi Droid Cam menggunakan jaringan WiFi.

Cara Menggunakan HP Sebagai Webcam

Download aplikasi DroidCam di Play Store di HP Android kalian.

Download dan Install aplikasi DroidCam di Laptop atau PC di https://www.dev47apps.com.

Buka aplikasi DroidCam di HP android kalian dan koneksikan handphone kalian menggunakan menggunakan WiFi.

Buka juga aplikasi WebCam di Laptop atau PC dan aktifkan jaringan WiFi dengan menggunakan jaringan WiFi yang sama dengan yang di HP.

Masukan Nomer Device IP dan Nomer DroidCam Port yang tertera di HP ke dalam DroidCam di Laptop atau PC.

Klik Start dan nampak tangkapan kamera di layar komputer kalian. Jika belum terkoneksi, lakukan Start kembali dengan mengisi nomer IP dan Port.


Cara Menghubungkan DroidCam Menggunakan Kabel USB

Download dan instal ADB Driver sesuai dengan merk HP kalian yang dapat di cari di Search di Browser kalian dengan mengetikan ADB Driver sesuai merek HP kalian, atau dapat menggunakan Universal ADB Drivers yang dapat digunakan untuk seluruh merek HP.

Jika ADB Drivers sudah terinstal di komputer hubungkan Laptop atau PC dengan HP kalian menggunakan kabel USB. Gunakan kabel USB original bukan kabel USB untuk charger.

Lakukan Debug pada HP agar terhubung ke laptop atau PC kalian, caranya buka Pengaturan HP > pilih Tentang Ponsel > Pilih Versi Kernel.

Pada beberapa jenis HP versi kernel dapat di lihat di Tentang Ponsel > Informasi Perangkat Lunak > Versi kernel.

Cara Proses Bebug : Sentuh atau Tekan berkali-kali pada tulisan Versi Kernel sampai keluar tulisan terhubung dengan laptop atau PC dan lakukan verifikasi.

Jika HP sudah terhubung dengan Laptop atau PC kemudian buka pengaturan pada HP terdapat Pilihan Pengembang atau Opsi Pengembang (tergantung merek HP masing-masing) yang menandakan proses debug berhasil. 

Selanjutnya Aktifkan Opsi Pengembang dengan cara Klik ke Kanan > OK. Pilih ke bawah Mendebug USB > Klik Kanan.

Buka DroidCam di Laptop atau PC kalian, atur dialog DroidCam dengan mengklik Icon sambungan USB, kemudian refresh sampai keluar nama HP yang kalian.

Jika sudah keluar maka lakukan Start dan DroidCam telah terhubung mengggunakan kabel USB.

Demikian cara menggunakan handphone sebagai webcam menggunakan aplikasi DroidCam yang dapat kalian coba jika kamera internal di laptop resolusinya kecil sehingga gambar tidak jelas.

Semoga bermanfaat.